Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Topik Ikatan Kimia valiberdasarkan Problem Based Learning

Main Authors: Sajida, Izzatul Khairi, Damanik, Marini
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43184/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43184/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar materi ikatan kimia dengan menggunakan bahan ajar e-book menggunakan Problem Based Learning pada siswa kelas X MAN 2 Medan Model. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Medan Model yang berjumlah dua belas kelas. Setiap kelas berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X MIA 10 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan Problem Based Learning dan kelas X MIA 11 sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang digunakan sekolah. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang sudah teruji dan valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-one party yaitu pihak kanan, dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan thitung> t tabel (3,9432> 1,9967) maka Ho adalah ditolak. Dengan demikian, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar yang telah dikembangkan menggunakan Problem Based Learning terhadap hasil belajar.