Implementasi Bahan Ajar Terintegrasi Nilai Spiritual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Main Authors: Meutia, Nada Maghfira, Darmana, Ayi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43183/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43183/
Daftar Isi:
  • Bahan ajar dan motivasi belajar merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Al-Ulum Medan sebanyak 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas. Kelas kontrol dibelajarkan dengan buku paket SMA dan kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan modul laju reaksi terintegrasi nilai spiritual. Instrumen tes yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pilihan berganda, sedangkan motivasi belajar siswa diukur dengan angket. Data dianalisis dengan uji N-Gain dan Two Way Anova pada taraf signifikansi 0.05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Untuk bahan ajar diperoleh nilai sig. 0.006 < a (0.05); (2) Untuk motivasi belajar diperoleh nilai sig. 0.000 < a (0.05). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bahan ajar terintegrasi nilai spiritual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.