PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAMBASA

Main Authors: Jannata, Shela, Juniar, Anna
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43178/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43178/
ctrlnum 43178
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43178/</relation><title>PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAMBASA</title><creator>Jannata, Shela</creator><creator>Juniar, Anna</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Abstrak merupakan ringkasan dari isi artikel. Abstrak harus menggambarkan isi keseluruhan artikel. Abstrak harus memuat: pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan simpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis tidak lebih dari 250 kata (Bahasa Indonesia) dan 200 kata (Bagasa Inggris), serta tidak diperkenankan mencantumkan kutipan literatur. Abstrak ditulis satu spasi, Times New Roman uk 10 pt. dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, mengetahui apakah Peningkatan KPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, mengetahui apakah ada korelasi antara hasil belajar dengan KPS siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 16 MEDAN. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3, dimana kelas XI IPA 1 diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 20 soal pilihan ganda yang telah valid dan reliabel, Instrumen tes KPS berupa tes esai serta instrumen nontes yang berupa observasi keterampilan proses sains. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar dan KPS siswa pada materi Asam Basa. Dari Uji statistik t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05 bernilai 1,6749 adalah 9,3 pada hasil belajar dan 16 pada KPS. Kemudian dari Uji statistik Korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 0,05 nilai rtabel adalah 0,396 diperoleh rhitung 6,666 maka ada korelasi antara hasil belajar dengan KPS siswa. Kontribusi dari hasil belajar terhadap peningkatan KPS sebesar 66 %.</description><date>2020-12-12</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43178/1/Article.pdf</identifier><identifier> Jannata, Shela and Juniar, Anna (2020) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAMBASA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan. </identifier><recordID>43178</recordID></dc>
language ind
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Jannata, Shela
Juniar, Anna
title PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TITRASI ASAMBASA
publishDate 2020
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
LB2331.7 Teaching personnel
LB2361 Curriculum
QD Chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/43178/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43178/
contents Abstrak merupakan ringkasan dari isi artikel. Abstrak harus menggambarkan isi keseluruhan artikel. Abstrak harus memuat: pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan simpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis tidak lebih dari 250 kata (Bahasa Indonesia) dan 200 kata (Bagasa Inggris), serta tidak diperkenankan mencantumkan kutipan literatur. Abstrak ditulis satu spasi, Times New Roman uk 10 pt. dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, mengetahui apakah Peningkatan KPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Konvensional, mengetahui apakah ada korelasi antara hasil belajar dengan KPS siswa yang dibelajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 16 MEDAN. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3, dimana kelas XI IPA 1 diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 20 soal pilihan ganda yang telah valid dan reliabel, Instrumen tes KPS berupa tes esai serta instrumen nontes yang berupa observasi keterampilan proses sains. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar dan KPS siswa pada materi Asam Basa. Dari Uji statistik t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05 bernilai 1,6749 adalah 9,3 pada hasil belajar dan 16 pada KPS. Kemudian dari Uji statistik Korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 0,05 nilai rtabel adalah 0,396 diperoleh rhitung 6,666 maka ada korelasi antara hasil belajar dengan KPS siswa. Kontribusi dari hasil belajar terhadap peningkatan KPS sebesar 66 %.
id IOS3150.43178
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:17Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:17Z
recordtype dc
_version_ 1766033604831346688
score 17.538404