Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita

Main Authors: Barus, Sanggup, Siagian, Sahat, Saragih, Abdul Hasan
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43177/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43177/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes kemampuan menulis teks berita. Teknik analisis data yang digunaka adalah teknik komparasional dengan menggunakan pre-test dan post-test one group design. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan menulis teks berita siswa sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri, tergolong ke dalam kategori sangat kurang. Kedua, kemampuan menulis teks berita siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri, tergolong ke dalam kategori sangat baik. Ketiga, penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa.