Penerapan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah Terintegrasi Karakter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Asam Basa Di Perguruan Tinggi
Main Authors: | Husna, Nisyya Syarifatul, Muchtar, Zainuddin, Eddiyanto, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43171/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43171/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar larutan asam basa dengan penerapan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah Terintegrasi Karakter di salah satu universitas swasta di kota medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 60 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yakni kelas eksperimen I menggunakan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter, sedangkan kelas eksperimen II tanpa menggunakan LKM. Rerata N-Gain hasil belajar mahasiswa menggunakan Lembar Kerja Mahasiwa berbasis masalah terintegrasi karakter sebesar 0,83 (tinggi). Hasil uji statistik Paired sample T-Test menunjukkan nilai Sig. (2- Tailed) = 0,000, yang berarti LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penerapan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi larutan Asam Basa.