Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Flashcard Berbasis Online Pada Materi Ikatan Kimia
Main Authors: | Pasaribu, Regina, Kembaren, Agus |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43169/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43169/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas belajar dan korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan flashcard pada materi ikatan kimia yang hanya mencakup materi ikatan kovalen di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Dari hasil analisis data diperoleh (1)hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Leaning (83,83) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (66,16). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa pada hasil belajar thitung > ttabel (8,56 > 1,6775). (2)aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (82,88) lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (61,88). Uji hipotesis menunjukkan bahwa pada aktivitas belajar thitung > ttabel (8,26 > 1,6775). (3)terdapat korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil korelasi antara kedua variabel termasuk ke dalam kategori sangat tinggi, dengan kontribusi aktivitas terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 66% sedangkan 34% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.