Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kemampuan menulis teks negosiasi tersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 104 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak) dan terpilih kelas X Multimedia 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai. Tes essai yang dimaksud adalah menulis teks negosiasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penugasan. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks negosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks negosiasi siswa berdasarkan aspek struktur dibagi menjadi pembuka skor rata-rata 100, isi skor rata-rata 97,24, dan penutup skor rata-rata 76,68, sedangkan aspek kaidah kebahasaan dibagi menjadi kalimat berita, tanya dan perintah skor rata-rata 78,49, kalimat yang menyatakan keinginan atau harapan skor rata-rata 35,29 kalimat bersyarat skor rata-rata 52,20 dan konjungsi penyebab skor rata-rata 55,88. Jadi hasil menunjukkan bahwa siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 10 Medan dikategorikan cukup dalam menulis teks negosiasi dengan jumlah skor rata-rata dari kedua aspek tersebut adalah 69,70 dengan kategori cukup.