Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran dan kesesuaian penggunaan media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas VII dan VIII SMP Rakyat Sei Glugur Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek pada penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMP Rakyat Sei Glugur yaitu Ibu Erlina br Sembiring, S.Pd. dan Bapak Dadi, S.Pd. Objek penelitian adalah media pembelajaran dan kesesuaian penggunaan media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran pada RPP yang digunakan guru di kelas VII dan VIII SMP Rakyat Sei Glugur adalah bahan tayang dan media cetak. Kesesuaian penggunaan media dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas VII dan VIII dikategorikan baik (sesuai). Hal ini diperoleh dari hasil lembar observasi pada RPP I materi puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) 86,67%. RPP II materi teks fabel 100%. RPP III materi surat dinas dan surat pribadi 91,67%. RPP IV materi buku fiksi dan nonfiksi 100%. RPP V materi teks ulasan 91,67%. RPP VI materi teks persuasi 91,67% dan RPP VII materi teks drama 100%. Dapat disimpulkan bahwa kesesuaian penggunaan media dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas VII dan VIII dikategorikan baik (sesuai). Namun, masih perlu dilakukan variasi dan peningkatan dalam hal pemanfaatan atau penggunaaan media pembelajaran di sekolah.