Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Kontekstual pada Materi Kesetimbangan Kimia Di Kelas XI SMA
Main Authors: | Nasution, Sahfitri Wirdani, Silaban, Saronom |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43153/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43153/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar kimia yang dikembangkan telah memenuhi standar BSNP dan berbasis kontekstual serta apakah aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar kimia berbasis kontekstual lebih tinggi dibandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan siswa yang digunakan disekolah. Populasi penelitian ini adalah buku ajar kimia SMA, populasi dosen, populasi guru, populasi siswa.. Kelas eksperimen menggunakan bahan ajar hasil pengembangan dan kelas kontrol menggunakan buku ajar yang digunakan sekolah. Tahap penelitian dimulai dari tahap analisis, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap revisi, dan tahap uji coba. Hasil analisis bahan ajar hasil pengembangan diperoleh skor sebesar 3,78 kategori sangat layak. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa berdasarkan uji t tes diperoleh t hitung (7,1284) > t tabel (1,6749) artinya Ho ditolah Ha diterima. Hasil analisis data hasil belajar siswa berdasarkan uji t tes diperoleh t hitung (3,7269) > t tabel (1,6749) artinya Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian bahan ajar kimia berbasis kontekstual pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMA telah layak digunakan dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.