PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Main Authors: Tarigan, Lili Nur Indah, Nasution, Hafni Indriati
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43152/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43152/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa 20 soal pilihan berganda yang sudah divalidasi. Analisis data hasil belajar menggunakan uji N-gain dan uji t pihak kanan pada taraf signifikansi 0,05. Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen 86,08 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 80,54. Hasil uji N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen meningkat (40,76 ke 86,08) dengan presentase 76% kategori tinggi dan pada kelas kontrol meningkat (35,68 ke 80,54) dengan presentase N-gain 70% kategori sedang. Dengan Analisis statistik hasil belajar menunjukan bahwa thitung > ttabel (5,192 > 1,671). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi.