PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK KELAS XI SMA
Main Authors: | Br. Purba, Efrahim Melinda, Sinaga, Marudut |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43151/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43151/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul berbasis proyek pada materi laju reaksi untuk kelas XI SMA yang memenuhi standar kelayakan BSNP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi sampai tahap pengembangan. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) analisis, (2) desain atau perecanaan, dan (3) pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi berstandar BSNP yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan pengembangan modul dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis proyek telah memenuhi standar kelayakan BSNP dengan rata-rata validasi modul sebesar 3,85 dari keseluruhan validator ahli media; rata-rata validasi modul sebesar 3,67 dari keseluruhan validator ahli materi; dan rata-rata respon terhadap modul berbasis proyek sebesar 92,61% dari 20 orang siswa sebagai sampel. Berdasarkan hasil validasi dan respon yang diperoleh dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk modul berbasis proyek pada materi laju reaksi kimia untuk kelas XI SMA telah valid dan layak digunakan secara mandiri sebagai media pembelajaran tambahan bagi siswa.