Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Laju Reaksi

Main Authors: RAENOVTA, VEREN, Suyanti, Retno Dwi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43146/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43146/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Project Based Learning berbasis Lesson Study lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel ditentukan dengan purposive sampling, kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis dari 19 soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu deskripsi dan pengujian hipotesis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil yang diperoleh yaitu nilai rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 0,79 (79%) sedangkan pada kelas kontrol gain rata-rata sebesar 0,64 (64%). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,7632 dan ttabel = 1,6808. Dengan membandingkan nilai thitung 5,7632 > ttabel 1,6808 maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis lesson study lebih tinggi secara signifikan dibandingkan model pembelajaran Ekspositori.