Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa yang dibelajarkan Menggunakan Problem Based Learning dan Discovery learning Berbantuan Adobe Flash pada materi laju reaksi
Main Authors: | ADELIA, NURUL, Syafriani, Dewi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43142/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43142/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning(PBL)berbantuan AdobeFlash dengan Discovery Learning(DL)berbantuan Adobe Flashpada materi laju reaksi di SMAN 1 Percut Sei Tuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Percut Sei Tuan sebanyak 6 kelas. Sampel yang dipilih sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik Random Sampling sederhana yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model PBL berbantuan Adobe Flash dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model DL berbantuan Adobe Flash. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Independen Sample T-Test. Pada hipotesa 1 diperoleh nilai sig sebesar 0,01 <α (α=0,05), Sedangkan untuk hipotesa 2 diperoleh nilai sig sebesar 0,000 <α(α=0,05).Dengan demikian, menunjukkan ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL berbantuanAdobe Flash dengan DL berbantuan Adobe Flash. Persentase yang dihasilkan untuk aktivitas belajar dan hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan PBL berbantuan Adobe Flash sebesar 6,78% dan 8,72% lebih baik dibandingkan yang dibelajarkan dengan DL berbantuan Adobe Flash.