Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil sampel 40 % dari tiap kelas yang jumlah keseluruhan nya menjadi 53 siswa melalui teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Parlilitan dalam menulis teks persuasi tergolong ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80. Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa aspek struktur yang memperoleh nilai rata-rata (80) dengan kategori baik, aspek kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (80) dengan kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan menunjukkan pada kategori sangat baik (11,32%), kategori baik (66,04%) kategori cukup (22,64%) dan kategori kurang (0%). Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhususnya dalam menulis teks persuasi. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajajaran menulis teks persuasi.