Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran Monopoli Bahasa (Monosa) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menggunakan media pembelajaran Monosa kemudian mengetahui efektivitasnya dari instrumen yang telah dibagikan kepada siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 364 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 74 orang yaitu kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah karangan teks deskripsi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran monosa dan karangan teks deskripsi siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan media monosa. Dari hasil analisis data diketahui bahwa media pembelajaran Monosa lebih efektif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Dalam hal ini diperoleh nilai dengan rata-rata di kelas eksperimen adalah 72,76 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 57,95. Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas kontrol berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel (0,1265 < 0,1437), dan kelas eksperimen juga berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel (0,1105 < 0,1467). Kemudian berdasarkan uji homogenitas terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen dengan X2 hitung < X2 tabel yaitu 13,864 < 43,800. Selanjutnya dilihat dari pengujian hipotesis bahwa hipotesis penelitian ini diterima dengan thitung > ttabel yaitu 5,01 > 2,04 yang membuktikan bahwa media pembelajaran Monosa efektif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun pembelajaran 2019/2020.