Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Gambar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 440 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang diambil dengan teknik random sampling (acak kelas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain two group post-test design. Instrument yang digunakan adalah tes hasil menulis teks prosedur dalam bentuk esai. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Tes ini pada kontrol dengan nilai rata-rata 70, standar deviasi 10,45 dan standar error 1,87 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82, standar deviasi 10,85 dan standar error 1,95. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 150, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (32 + 32)-2= 64. Pada tabel t dengan dk=70 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,57. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 150 > 1,57 maka hipotesis nilai (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha)diterima. Hal ini membuktikan bahwa media gambar berbasis kearifan lokal efektif terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.