Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kemampuan menganalisis teks negosiasi tersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 282 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposiv sampling dan terpilih kelas X IS-1 dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai. Tes essai yang dimaksud adalah menganalisis teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penugasan. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menganalisis teks negosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis teks negosiasi siswa berdasarkan aspek isi dibagi menjadi kesesuaian konflik pertentangan atau perselisihan skor rata-rata 86,2, kesesuaian judul dengan isi skor rata-rata 72,5, aspek struktur dibagi menjadi Orientasi skor rata-rata 76, Pengajuan skor rata-rata 92,2, Penawaranskor rata-rata 91,4, Persetujuanskor rata-rata 90,5, Penutup skor rata-rata 70,8dan aspek kaidah kebahasaan dibagi menjadikalimat berita skor rata-rata 69,1, kalimat tanya skor rata-rata 68,2, kalimat perintah skor rata-rata 69,1, kalimat yang menyatakan keinginan atau harapan skor rata-rata 80,2, kalimat bersyarat skor rata-rata 80,2 dan konjungsi penyebab skor rata-rata 74,2. Jadi hasil menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjungbalai dikategorikan baik dalam menganalisis teks negosiasi dengan jumlah skor rata-rata dari ketiga aspek tersebut adalah 78,65 dan dalam kategori baik.