Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan : untuk menghasilkan media Virtual Lab pada materi dasar kelistrikan yang memenuhi kriteria media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas Teknik Listrik Bandara angkatan XVII semester I sedangkan subjek penelitian uji coba validitas adalah dosen fisika Unimed dan subjek implementasi media pembelajaran Virtual Lab adalah Teknik Listrik Bandara angkatan XVII yang berjumlah 24 orang dan angkatan III dan XIV yang berjumlah 46 orang. Prosedur pengembangan Media Virtual Lab dengan menggunakan Research and Development Method yang dicetuskan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan draf produk, Uji coba lapangan awal, Merevisi hasil uji coba, Uji coba lapangan, Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, Uji pelaksanaan lapangan, Penyempurnaan produk akhir, Diseminasi dan implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validitas untuk melihat validitas media Virtual Lab, angket respon dosen dan siswa untuk melihat kepraktisan media tersebut pada materi Dasar kelistrikan dan instrumen pretes dan posttes untuk melihat keefektifan Media tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Virtual Lab dengan nilai rata-rata 78,76% untuk hasil validasi media sedangkan 78,86% untuk hasil validasi ahli materi yang keduanya dikategorikan cukup valid dan dapat digunakan tetapi revisi kecil. Respon Kepraktisan Media oleh dosen dengan nilai rata-rata 86,1 % yang dikategorikan sangat praktis, sedangkan oleh siswa 82,94 % untuk kelompok kecil dan77,33% untuk kelompok besar yang tergolong cukup praktis. Keefektifan Media menunjukkan N-Gain dengan nilai sebesar 0,61 yang tegolong efektif pada materi dasar kelistrikan.