Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Getaran Dan Gelombang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar IPA berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan APPED dengan tahapan: analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi dan diseminasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Mandrehe. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan media, penilaian guru IPA dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis multimedia interaktif, dan lembar observasi aktivitas siswa yang digunakan pada setiap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis multimedia interaktif telah memenuhi kriteria valid dengan pencapaian 86,5% dengan kategori “sangat valid”. Bahan ajar sudah praktis dengan pencapaian 83,8% dengan kategori “baik” dan telah efektif dengan perkembangan aktivitas mencapai 85,51% dengan kategori “sangat aktif” dan respon siswa terhadap bahan ajar telah mencapai 87,17% dengan kategori “sangat tinggi”.