Pengetahuan Tes Objektif Kemampuan Pengetahuan Tingkat Tinggi Fisika SMA Materi Suhu dan Kalor
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif kemampuan pengetahuan tingkat tinggi pada materi Suhu dan Kalor di SMA yang memenuhi standar kualifikasi tes yang baik ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research), dengan menggunakan metode pengembangan penelitian ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evalution). Tahap analisis diperoleh hasil minimnya variasi dalam assesmen dan siswa masih kurang memperoleh soal fisika kemampuan pengetahuan tingkat tinggi pada materi Suhu dan Kalor. Materi soal fisika yang dikembangkan meliputi suhu, kalor, pemuaian, Asas Black, perpindahan kalor, perubahan wujud zat, gas ideal dan termodinamika. Tahap desain diperoleh hasil 50 butir soal berdasarkan analisis pengetahuan tingkat tinggi. Tahap pengembangan diperoleh 38 butir soal dalam kategori sangat valid dengan persentase 92,4 % berdasarkan validasi isi oleh 3 ahli, baik dari segi materi, konstruk, dan bahasa. Hasil dari tahap implementasi dan evaluasi menunjukkan bahwa dari 50 butir soal yang dikembangkan, 39 butir soal telah memenuhi kriteria kualitas tes yang baik, berdasarkan uji validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, dan efektivitas pengecoh pada uji coba kelompok kecil maupun uji coba kelompok besar.