Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Kelas III SD Negeri 024776 Binjai
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran yang inovatif dengan mengembangkan media pembelajaran ular tangga untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Pengembangan Penelitian ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE yaitu dimulai dari analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi.Dalam penelitian ini produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Serta penilaian respon dari guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 024776 Binjai sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas III SD Negeri 104182 Paya Geli untuk kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 20 orang siswa/siswi. Produk berupa media pembelajaran permainan ular tangga akan mencoba terlebih dahulu pada kelompok kecil lalu kemudian pada kelompok terbatas. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran PPKn di kelas III SD negeri 024776 Binjai dari ahli materi dan ahli media, (2) Mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran PPKn di kelas III SD negeri 024776 Binjai. Berdasarkan hasil analisis para ahli yang terdiri dari ahli materi dengan nilai rata-rata 82,26 berarti sangat valid dan dengan ahli media dengan nilai rata-rata 89 berarti sangat valid. Nilai persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa pada pretes dan postes kelompok eksperimen mengalami peningkatan tinggi yakni 40% menjadi 95%, dengan rata–rata nilai pretest adalah 59,00 dan rata–rata nilai postest adalah 81,25. Sehingga sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal dan produk media pembelajaran sudah memenuhi indikator keefektifan dan layak digunakan.