Pengembangan E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra Harapan
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kelayakan E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra harapan.dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan media E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra harapan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang sering dikenal sebagai penelitian R & D, model ini dipilih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran, dan siswa kelas X SMK Citra Harapan T.A 2020/2021 yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa dan hasil praktik siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (94,44%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (92,94%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 97,35%). Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) E-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas X Tata Busana SMK Citra harapan layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan e-modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit dengan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 10,691, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel untuk hasil praktik diperoleh harga harga t hitung = 11,023, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit sebesar 85 %, Sedangkan Kelompok siswa yang menggunakan buku teks sebesar 68%. Untuk efektivitas hasil praktik, rata-rata hasil praktik pada kelompok siswa yang menggunakan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit sebesar 91 %, Sedangkan Kelompok siswa yang menggunakan buku teks sebesar 77%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran penyelesaian tepi pakaian daripada tanpa menggunakan media e-Modul Pembelajaran Dasar Teknologi Menjahit