Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VIII-5 yang berjumlah 30 orang siswa, dilaksanakan semester genap, tepatnya pada tanggal 15 Juni 2020 dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja (menulis teks persuasi), sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasi berdasarkan aspek pengenalan isu skor rata-rata 71,7%, rangkaian argumen skor rata-rata 74,16%, pernyataan ajakan skor rata-rata 64,16%, penegasan kembali skor rata-rata 49,6%, kata teknis skor rata-rata 80,8%, dan kata hubung yang argumentatif skor rata-rata 65,8%. Jadi, hasil menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-5 SMP N 4 Medan dikategorikan cukup dalam menulis teks persuasi dengan jumlah skor rata-rata keseluruhan adalah 66 dan berada pada kategori cukup.