Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks persuasi tentang anjuran belajar, bekerja, dan beribadah di rumah selama pandemi COVID-19 oleh siswa Kelas VIII SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe Tahun Pembelajaran 2019/2020. Kemampuan menulis teks persuasi perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe dengan jumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai. Tes essai yang dimaksud adalah menulis teks persuasi sesuai dengan kriteria penilaian teks persuasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penugasan. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks persuasi tentang belajar, bekerja, dan beribadah di rumah selama pandemi COVID-19 siswa dengan aspek penilaian kesesuaian isi dengan teman mendapat skor sebesar 54,65 kategori cukup, segi koherensi mendapat skor sebesar 61,7 kategori cukup, pada aspek bersifat membujuk atau mengajak mendapat skor sebesar 60,9 kategori cukup, aspek penilaian fakta dan bukti skor sebesar 48,4 kategori kurang, aspek penggunaan ejaan dan tanda baca mendapatkan skor sebesar 55,45 kategori cukup. Jadi hasil menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe dikategorikan cukup mampu dalam menulis teks persuasi tentang belajar, bekerja, dan beribadah di rumah selama pandemi COVID-19 dengan jumlah skor 56,25 dengan kategori cukup mampu.