Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Trowing terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball trowing terhadap kemampuan menulis teks ulasan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ne geri 6 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VIII-B yang berjumlah 32 orang siswa melalui teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini kelas eksperimen diberi tes kemampuan menulis teks ulasan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran snowball trowing. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok Pre-Test memiliki nilai rata-rata 49,61 dengan standar deviasi 18,91; dan 2) kelompok PostTest memiliki nilai rata-rata 77,73 dengan standar deviasi 16,72. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok Pre-Test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,1452 dan Ltabel = 0,1560 maka Lhitung< Ltabel = 0,1452 < 0,1560. Hal ini membuktikan bahwa data Pre-Test berdistribusi normal; 2) kelompok Post-Test memperoleh harga L(Lhitung) = 0,1546 dan Ltabel = 0,1560 maka Lhitung< Ltabel = 0,1546 < 0,1560. Hal ini membuktikan bahwa data Post-Test berdistribusi normal.Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 6,20 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan df = N-1, df = 32-1 = 31 pada taraf nyata α = 5% maka ttabel = 2,040. Dikarenakan thitung > ttabel yaitu 6,20> 2,040, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran snowball trowing terhadap kemampuan menulis teks ulasan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.