Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan teknik dasar sepakbola. Teknik dalam hal ini adalah passing dan dribbling. Metode latihan yang digunakan adalah metode latihan small sided games. Small-sided games adalah permainan yang dimainkan di lapangan yang lebih kecil dan pemain yang lebih sedikit dari pada permainan yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan teknik dasar sepakbola siswa SSB usia 14 - 16 tahun sekolah sepakbola Perfect Unimed. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one pre test-post test group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling berjumlah 20. Berdasarkan hasil uji-t berpasangan antara data pre-tes dengan post-test diperoleh nilai significancy sebesasr 0,000 (p< 0,05) yang berarti terdapat peningkatan yang siginifikan teknik dasar sepakbola . Data pre-tes memiliki rerata 5,00 selanjutnya saat post-tes rerata mencapai 6,55. Besar peningkatan passing dilihat dari nilai rata – rata yaitu1,55 dengan kenaikan persentasi 31 %. Besar peningkatan passing dilihat dari nilai rata – rata yaitu1,58 dengan kenaikan persentasi 33,26 %. Kesimpulan penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh yang signifikan dari metode latihan small sided games terhadap peningkatan signifikan latihan small sided games terhadap peningkatan teknik dasar sepakbola pada siswa usia 14 – 16 tahun