Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: : (1) kevalidan bahan ajar berdasarkan validator ahli; (2) kepraktisan bahan ajar berdasarkan validator ahli dan praktisi, serta berdasarkan keterlaksanaan bahan ajar; (3) keefektivan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan; 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar dengan pendekatan metakognisi; 5) Mendeskripsikan perubahan kebiasaan berpikir siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan metakognisi dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan VIII-4 MTs Hifzhil Qur’an Medan. (1) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator ahli; (2) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian validator ahli dan praktisi, serta keterlaksanaan bahan ajar; (3) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif yaitu pembelajaran tuntas secara klasikal, respon siswa positif, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (4) pada uji coba I terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori rendah, yaitu sebesar 0,24 dan pada uji coba II terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori sedang, yaitu sebesar 0,52; dan (5) terjadi perubahan kebiasaan berpikir siswa yaitu pada uji coba I sebesar 0,28 dengan kategori rendah dan pada uji coba II menjadi 0,41 pada kategori sedang.