Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV di SD Negeri 050601 Kecamatan Kuala
Daftar Isi:
- Tercapainya proses belajar mengajar sangat tergantung pada peran guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (3) interaksi antara model pembelajaran Kooperatif dan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Penelitian berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Motivasi Belajar. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas IV SD Negeri 050601 Kecamatan Kuala ; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SD Negeri 050601 Kecamatan Kuala.