Pengaruh Metode Pembelajaran dan Keberanian Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Tanah Jawa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta empiris mengenai pengaruh metode pembelajaran dan keberanian terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain by level 2 x 2. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kecamatan Tanah Jawa pada siswa kelas V sebanyak 8 kali pertemuan pada bulan September 2020 s/d Oktober 2020. Teknik analisis data menggunakan analisis varian. Instrumen Penelitian menggunakan angket keberanian dan portofolio hasil belajar pendidikan jasmani. Terdapat empat hipotesis penelitian dan hasil penelitian yaitu: 1) Berdasarkan hasil analisis varian pada taraf α=0,05 diperoleh Fh > Ft yaitu 4,36 > 4,06. 2) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 14,06 dan Qt = 2,92. 3) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A2B2 dan A1B2 dimana Qh = 8,12 dan Qt = 2,92. 4) Berdasarkan hasil analisis varian pada taraf α=0,05 diperoleh Fh > Ft yaitu 60,80 > 4,06. Kesimpulan Penelitian: 1) Terdapat secara keseluruhan perbedaan hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik dan metode pembelajaran konvensonal. 2) Hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik yang memiliki keberanian tinggi lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional yang memiliki keberanian tinggi. 3) Hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional yang memiliki keberanian rendah lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik yang memiliki keberanian rendah. 4) Terdapat Interaksi antara metode pembelajaran dan keberanian terhadap hasil belajar pendidikan jasmani.