Pengaruh Model Pembelajaran Explict Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjungmorawa Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis teks biografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjungmorawa yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 112 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes membuat sebuah teks biografi. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre-test memiliki nilai rata-rata 65,78 dengan standar deviasi 19,61; dan 2) kelompok post-test memiliki nilai rata-rata 82,56 dengan standar deviasi 16,238. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) kelompok pre-test memperoleh harga Lhitung = 0,1275 dan Ltabel = 0,1566 maka Lhitung < Ltabel = 0,1275 < 0,1566. Hal ini membuktikan bahwa data pre-test berdistribusi normal. 2) kelompok post-test memperoleh harga Lhitung = 0,1455 dan Ltabel = 0,1566 maka Lhitung < Ltabel = 0,1455 < 0,1566. Hal ini membuktikan bahwa data post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 3,67 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan = 0,05 dengan df = N-1, df = 32-1 = 31 pada taraf nyata = 5% maka diperoleh ttabel = 2,040. Dikarenakan thitung > ttabel yaitu 3,67> 2,040, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjungmorawa tahun pembelajaran 2019/2020.