Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 36 Medan. Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Fabeltersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang bagaimana kemampuan tersebut terutama pada siswa kelas VII SMPN 36 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menganalisis hasil lisan atau rekaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menceritakanterdapat tujuh aspek instrumen penilaian yang pertama pada aspek ketepatan isi cerita berada dalam kategori sangat baik dengan rata-rata jumlah keseluruhan nilai siswa yaitu 87 . Pada aspek ketepatan detil ceritakarena jumlah keseluruhan nilai mencapai 68. Pada aspek ketepatan Indikator logika ceritamemperoleh nilai 63.Pada aspek ketepatan makna memperoleh nilai 75.Pada aspek ketepatan kata memperoleh nilai 59. Pada aspek ketepatan kalimat memperoleh nilai 67.Pada aspek ketepatan kelancaran memperoleh nilai 86. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang berjumlah 29 orang kelas VII yaitu mencapai nilai rata-rata 72,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas kemampuan menceritakan kembali isi fabel siswa kelas VII SMP Negeri 36 Medan termasuk ke dalam kategori baik, yakni berada pada rentang nilai 61-80. Sehingga nilai tersebut sudah mecapai nilai KKM sedangkan nilai KKM 70.