Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi 145 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VIII- 4 berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dengan tipe tes awal – tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test and post-test). Hasil pertama yang diperoleh dari nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 64,33 termasuk kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah sebesar 75, sedangkan hasil kedua yaitu nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 85,64 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi standar KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung<Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,1263< 0,1476), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1353< 0,1476). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks persuasi siswa adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,62< 4,13 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 12,91> 2,030 sehingga hipotesis hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil ketiga penggunaan teknik clustering memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan tahun pembelajaran 2019/2020.