Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran latihan praktik berpasangan (practice rehearsal pairs) terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Eria tahun pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas X-AP (kelas eksperimen) yang berjumlah 25 siswa dan kelas X-AK (kelas kontrol) yang berjumlah 25 siswa memalui teknik purposive sampling. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) rata-rata kelompok kontrol 65,8 dengan standar deviasi 10,07; dan 2) rata-rata kelompok eskperimen 81 dengan standar deviasi 9,6. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok kontrol memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,1157 dan Ltabel = 0,173 maka Lhitung < Ltabel = 0,1157 < 0,173. Hal ini membuktikan bahwa data kontrol bersidtribusi normal. Kelompok eksperimen memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,1108 dan Ltabel = 0,173 maka Lhitung < Ltabel = 0,1108 < 0,173. Hal ini membuktikan bahwa data eksperimen bersidtribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 5,48 selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan df = N-1, df = 25-1 = 24 pada taraf nyata α = 5% maka ttabel = 2,06. Dikarenakan thitung > ttabel yaitu 5,48 > 2,06, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran latihan praktik berpasangan (practice rehearsal pairs) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Swasta Eria Tahun Pembelajaran 2019/2020.