Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Group Mapping Activity (GMA) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 37 medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 berjumlah 254 siswa. Dari 254 siswa, ditetapkan sebanyak 30 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Group Mapping Activity (GMA) tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 58,750 sedangkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Group Mapping Activity (GMA) tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 84,17. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukan thitung < ttabel yaitu 5,79> 2,042, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh strategi Group Mapping Activity (GMA) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.