Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 36 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan model one group Pre-test-post-test design. Nilai rata-rata pre-test adalah 60 dengan kategori kurang baik, sebab siswa masih kesulitan mengemukakan ide untuk menuliskan kembali isi teks dengan menggunakan bahasa sendiri dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan sekolah, yaitu sebesar 70. Sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 81 dengan kategori baik karena terjadi peningkatan dan telah memenuhi KKM yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil bahwa data bersdistribusi normal. Setelah dilakukan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,1418<0,1566), dan hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1469<1566). Hasil uji homogenitas keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis adalah Fhitung<Ftabel yaitu 2,80<4,13 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu (12,06>2,030) sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis pada siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.