. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Materi Kesetimbangan Kimia
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan bahan ajar dan media yang digunakan di MAN 3 Langkat berdasarkan standart BSNP terintegrasi pembelajaran berbasis masalah; (2) kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan standart BSNP terintegrasi pembelajaran berbasis masalah; (3) kelayakan multimedia yang telah dikembangkan berdasarkan standart kelayakan multimedia interaktif;(4 hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire; (5) motivasi belajar siswa yang dibelajarkankan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire. Penelitian menggunakan metode R & D model ADDIE. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI MAN 3 Langkat. Sampel penelitian siswa kelas XI-IPA 1 dan IPA-2 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian adalah (1) angket BSNP berbasis masalah; (2) angket multimedia interaktif; (3) tes hasil belajar siswa; dan (4) angket motivasi belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan Statistik uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar dan media yang digunakan di MAN 3 Langkat memiliki kategori layak namun pada kelayakan penyajian berbasis masalah masih kurang layak (2,27) sedangkan pada media kelayakan penyajian masih kurang layak (2,95); (2) Bahan ajar yang sudah dikembangkan memiliki kategori sangat layak yaitu kelayakan isi 3,82 kelayakan bahasa 3,8 kelayakan penyajian 3,82 dan kelayakan penyajian berbasis masalah 3,87; (3) Multimedia yang sudah dikembangkan memiliki kategori sangat layak yaitu kelayakan isi 3,69 dan kelayakan penyajian 3,86; (4) Rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire yang telah dikembangkan lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan yang digunakan di sekolah berbantuan media power point (82,00>77,14) dengan kategori rata-rata hasil belajar diatas KKM; (5) Rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah berbantuan multimedia interaktif lectora inspire yang telah dikembangkan lebih tinggi dari rata-rata motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan yang digunakan di sekolah berbantuan media power point (82,98>77,20) dengan kategori termotivasi. Bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.