Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk: (1) menemukan model pembelajaran kontekstual berbasis folklor yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) menemukan aturan penentuan keterampilan membaca cepat siswa, (3) mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca cepat siswa dalam proses pembelajaran kontekstual berbasis folklor, (4) mendeskripsikan tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran kontekstual berbasis folklor, (5) mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kontekstual berbasis folklor, dan (6) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran kontekstual berbasis folklor. Penelitian dilaksanakan di dua sekolah dasar negeri dan dua sekolah menengah pertama negeri kota Medan. Metodologi digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli desain, ahli evaluasi, ahli bahasa dan ahli folklor, kemudian dilanjutkan uji perorangan, uji kelompok kecil dan kelompok lapangan. Pengujian keterlaksanaan model juga dilakukan kemudian dilanjutkan dengan uji efektivitas. Temuan penelitian ini: (1) produk model pembelajaran kontekstual berbasis folklor yang dihasilkan valid berdasarkan validasi ahli, memiliki tingkat kepraktisan dan keefektifan terhadap peningkatan kemampuan membaca cepat siswa, (2) ditemukan aturan penentuan keterampilan membaca cepat dengan memodifikasi teks bacaan yang didesain berbasis folklor, (3) keterampilan siswa membaca siswa meningkat, (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran baik, (5) aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan, dan (6) respon siswa terhadap proses pembelajaran adalah baik.