Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan model Pretest dan posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Non Probabiliy Sampling jenis penarikan sampel jenuh. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu 1 kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol yaitu 1 kelas di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang diajarkan dengan model pembelajran skript. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menggunakan soal pilihan ganda yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal dan distractor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis Ha diterima, hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan penggunaan peralatan bertenaga (power tools) lebih tinggi jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibanding dengan kooperatif skript