Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Software Proteus 8 Professional Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta Imelda Medan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Semester Ganjil di SMK Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 48 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X TITL-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 orang dan kelas X TITL-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang. Sampel penelitian diambil dari keseluruhan populasi. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes akhir (posttest) di kedua kelas kelompok. Uji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) = 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas kontruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 76,687 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 68,95. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig > 0,05 = 0,000 > 0,05. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar mata pelajaran dasar listrik elektronika untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek menggunakan software proteus 8 professional terhadap hasil belajar siswa kelas X