Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttest Only Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 60 orang siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian doperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 82,2 sedangkan kelas kontrol 77,2. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 1,93 dan ttabel adalah 1,672, maka thitung > ttabel atau 1,93 > 1,672 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipotesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI TITL pada kompetensi dasar Menerapkan Prosedur Pemasangan Komponen Instalasi Listrik Bangunan Industri Kecil dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori