: Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL Di SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian Ini adalah mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan model Creative Problem Solving mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada kompetensi dasar memahami Instalasi Penerangan Listrik 1 fasa di kelas XI smester ganjil Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020. Penelitian ini di laksanakan di kelas XI SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020, yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar smester ganjil pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Lisrik. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Creative Problem Solving (Kelas Eksperimen) adalah sebesar 23,2. Sedangkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori (Kelas Kontrol) diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 19,2. Dengan demikian hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dapat dilakukan dengan menggunakan model Creative Problem Solving