Model Pembelajran Student Team Achivement Division Pada Materi tortor Naposo Nauli Bulung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VII SMP Negeri 37 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achivement Division berdasarkan KD 3.1 yaitu tentang memahami keunikan gerak tari tradisional berdasarkan ruang waktu dan tenaga. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian seperti Model Pembelajaran Student Team Achivement Division oleh Kurniasih dan Sani. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah pre-experimental pretest dan posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VII-B SMP Negeri 37 Medan. Pemilihan kelas dilakukan secara purvosive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan guru dan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan hasil belajar siswa pada tortor Naposo Nauli Bulung dengan melakukan penilaian pre test dan post test dari kemampuan menari yang dinilai dari tiga aspek yaitu konsep, teknik dan prosedur. Hasil pre test diperoleh dengan nilai rata-rata siswa 49,70 dengan menggunakan metode ceramah, setelah itu diterapkan model Pembelajaran Student Team Achivement Division menjadi 84,90 dengan menggunakan uji t hasil ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menari siswa dengan model pembelajaran Student Team Achivement Division thitung> ttabel yaitu 18,17>1.69 maka hipotesis penelitian diterima.