Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengemas pembelajaran Tari Wira Pertiwi sesuai KD 3.1 yaitu memahami konsep, teknik, dan prosedur dalam meniru gerak tari kreasi, dalam bentuk media pembelajaran Powerpoint Stand Alone untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas. Landasan teori yang dijadikan pedoman pada penelitian ini adalah teori Wina (2011:20) beserta Rudi Susilana dan Cepi Riyana (2017:102) yang menjelaskan bagaimana tahapan atau prosedur dalam pembuatan Powerpoint Stand Alone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Metode pengemasan menggunakan kerja laboratorium komputer. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif di mana data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan teliti. Hasil pengolahan data disusun secara sistematis dalam bentuk skripsi. Proses penelitian atau metode pengemasan dilakukan dalam empat tahapan yakni: tahapan pertama identifikasi program yaitu memastikan program yang dipilih sudah tepat, program yang digunakan Powerpoint. Tahapan kedua mengumpulkan bahan pendukung seperti video, foto, suara dan juga materi Tari Wira Pertiwi yang terdiri dari 1.Konsep tari Wira Pertiwi yaitu latar belakang, terminologi gerak, alat musik, rias penari dan busana, 2. Teknik tari Wira Pertiwi yaitu cara melakukan gerak tari Wira Pertiwi yang dibuat dalam bentuk dance script, 3.Prosedur yaitu prosedur gerak tari Wira Pertiwi dan prosedur penggunaan properti tari Wira Pertiwi. Tahap ketiga proses pengerjaan media pembelajaran sesuai materi yang sudah dikumpulkan. Tahap terakhir Review program dengan dilakukannya uji kelayakan materi dan uji kelayakan media, revisi, kemudian siap digunakan. Produk ini memperoleh hasil uji kelayakan dengan skor 94% oleh ahli materi dan hasil uji kelayakan dengan skor 91,1% oleh ahli media. Hasil keseluruhan uji kelayakan mendapatkan skor 92,5%. Dengan demikian, hasil penelitian pengemasan pembelajaran Tari Wira Pertiwi dalam media pembelajaran Powerpoint Stand Alone meliputi materi memahami konsep, teknik, dan prosedur untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas di Medan sangat layak digunakan.