UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS X AKUNTANSI SMKS KARYA SERDANG 2BM LUBUK PAKAM T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas X Akuntansi SMKS Karya Serdang 2BM Lubuk Pakam T.A 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKS Karya serdang 2BM Lubuk Pakam berjumlah 27 siswa dan objek penelitian ini adalah minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar kuisioner. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 Pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis dan kuisioner yang diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan dengan diberi tindakan sesuai dengan enam langkah pembelajaran Group Investigation yaitu: (1) Identifikasi topik,(2)Perencanaa kooperatif, (3) Implementasi, (4) Analisis dan Sintesis, (5)Presentasi hasil, (6) Evaluasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentasi rata-rata minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari hasil pengamatandiperoleh peningkatan persentase rata-rata minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu: 41% menjadi 78% dengan kriteria “Berminat”. Selanjutnya peningkatan persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika dari siklus I ke siklus II yaitu:75 dengan kriteria “Sedang” menjadi 81,25 dengan kriteria “baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas X Akuntasi SMKS Karya Serdang 2BM Lubuk Pakam T.A 2019/2020.