PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI LAJU REAKSI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui media pembelajaran berbasis android sebelum dikembangkan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan berdasarkan BSNP (3)mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media power point pada materi laju reaksi. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseacrh and Development menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kelayakan kebahasaan 3,7, rekayasa perangkat lunak 3,5, tampilan visual 3,5. kelayakan isi 3,6, penyajian 3,4, kegrafisan 3,5, dan kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi secara keseluruhan 3,6 dengan kategori sangat layak. Selanjutnya media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi digunakan dalam proses pembelajaran, diperoleh data yang kemudian dianalisis menggunakan uji t pihak kanan dengan thitung berada pada daerah signifikan, thitung > ttabel = 2,67 > 1,686. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media power point pada materi laju reaksi.