MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model model pemecahan masalah (Problem Solving) pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 1 dan 1 T.A 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model Problem Solving pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur, 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi tema 7 peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur dengan menggunakan model Problem Solving. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, dalam setiap siklusnya terdiri dari 1 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa baik itu afektif, kognitif dan psikomotor dari siklus I sampai siklus II. Adapun pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,5 dengan ketuntasan siswa sebanyak 11 siswa dan presentase 52,3% sedangkan pada siklus II ini merupakan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 80,6 dengan ketuntasan siswa sebanyak 20 orang dan presentase sebesar 95,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pemecahan masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 1 dan 2 di kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T.A 2019/2020.