Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan penggunaan media sosial (Instagram, Youtube, Whatsapp) terhadap penyelesaian enam tugas mahasiswa dan juga hasil belajar (kognitif) yang terdiri dari UTS, UAS mahasiswa PSPB Unimed Angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dan mahasiswa Program Studi Non-Kependidikan Biologi (S1) Universitas Negeri Medan angkatan 2018. Waktu penelitian ini dilakukan dari bulan Maret – Mei 2020, dengan teknik analisis data Regresi Linear Berganda. Hasil pengolahan data dengan uji F menunjukkan ada hubungan yang linier penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UTS (0,32<0,05), UAS (0,30<0,05), dan penyelesaian enam tugas (0,35 <0,05). Kontribusi penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UTS sebesar 14,4%. Kontribusi penggunaan media sosial terhadap hasil belajar UAS sebesar 14,6%. Kontribusi penggunaan media sosial terhadap penyelesaian enam tugas sebesar 14,1%. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi hasil belajar UTS adalah youtube (thitung > ttabel) 2,140 > 2,003. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi hasil belajar UAS adalah youtube (thitung > ttabel) 2,700 > 2,003. Media sosial yang paling signifikan memengaruhi penyelesaian enam tugas adalah whatsapp (thitung > ttabel) 2,664 > 2,003.