Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik self management terhadap sikap disiplin belajar rendah siswa X IPS 1 MAN 1 Langkat Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa dai kelas X IPS 1. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 orang siswa yang memiliki sikap disiplin belajar rendah dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan desain Pre test-post test one group design. Instrumen yang digunakan adalah angket disiplin belajar. Dari 60 item angket yang diuji cobakan kepada 34 siswa dari kelas XI IPS 1 diperoleh 42 item angket yang valid dan 18 yang tidak valid. Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Cronbach alpha, reliabilitas diketahui 0,919 dan setelah dibandingkan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik self management terhadap sikap disiplin belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 79,14 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 131,14. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 13 sedangkan Jtabel = 2. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 7, α = 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 13 > 2, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik self management terhadap sikap disiplin belajar rendah siswa kelas X IPS 1 MAN 1 Langkat Tahun Ajaran 2018/2019 atau hipotesis dapat diterima.