Daftar Isi:
  • Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Upaya meningkatkan tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik reinforcement T.A 2019/2020”?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik reinforcement terhadap tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 Universitas Negeri Medan T.A. 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan behavioral teknik reinforcement dan merumuskan masalah pada tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa BK Reguler B Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test group design yang polanya sebagai beriku: O1XO2. Didalam desain ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen da sesudah eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pre-test mahasiswa berada pada kategori tinggi sebanyak 1 orang (12.5%), kategori sedang sebanyak 1 orang (12.5%), kategori rendah sebanyak 6 orang (75%). Pada post-test terjadi peningkatan mahasiswa pada kategori tinggi sebanyak 5 orang (62.5%) pada kategori rendah sebanyak 3 orang (37.5%). Pada post-test terjadi peningkatan 2 orang pada kategori sedang (25%) pada kategori tinggi (75%). Berdasarkan hasil penelitian ini maka dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioral teknik reinforcement dapat meningkatkan tanggung jawab dalam belajar mahasiswa BK Reguler B 2016 Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2019/2020.