Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Pembelajaran Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran IPS Di Kelas VII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS yang dibelajarkan dengan model TPS dan model TPS berbantuan media video pada siswa, untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dengan siswa yang kecerdasan interpersonalnya rendah pada siswa dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan T.A 2020/2021 yang berjumlah 126 siswa yang terbagi dari empat kelas yaitu, kelas VIIa, VIIb, VIIc dan VIId. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media pembelajaran video.Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes hasil belajar IPS,. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS yang dibelajarkan dengan model TPS dan model TPS berbantuan media video pada siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dengan siswa yang kecerdasan interpersonalnya rendah pada siswa yang dibelajarkan dengan model TPS berbantuan media video dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan.